Kamis, 28 Februari 2013

Tuntutan Mantan Karyawan AMD atas Pembocoran Dokumen Rahasia PS4 dan Xbox Durango

AMD telah mengajukan tuntutan kepada beberapa mantan karyawannya yang telah mencuri ribuan dokumen rahasia. Para mantan karyawan tersebut termasuk di antaranya adalah Robert Feldstein, Manoo Desai, Nicholas Kociuk, dan Richard Hagen, dimana keempatnya meninggalkan AMD menuju Nvidia tahun kemarin. Perginya Feldstein adalah yang paling menarik, karena dia adalah pimpinan divisi konsol AMD yang  mengerjakan Wii U, PS4 dan Xbox Durango.
amd tuntut karyawan
AMD mengaku memiliki bukti hukum bahwa nama-nama di atas telah mengambil lebih dari 10,000 file yang merupakan rahasia AMD.

AMD juga memiliki bukti bahwa Feldstein dan Hagen secara langsung merekrut Desai dan Kociuk serta meminta data dari karyawan AMD lain. Ada beberapa konten folder dan email yang dikopi ke penyimpanan eksternal dan ada juga bukti diskusi antara Desai dan Kociuk yang membahas bagaimana menghilangkan bukti transfer data mereka. Mereka berdua ditemukan telah melakukan google search untuk cara mengkopi dan menghapus data dalam jumlah besar. Ada lebih dari 150,000 dokumen yang mereka ambil sebelum Kociuk mengundurkan diri dari AMD.
Nvidia sendiri yang saat ini mempekerjakan keempat orang tersebut tidak dituntut secara hukum oleh AMD, jadi tidak jelas apakah mereka mencuri data karena diperintahkan oleh Nvidia atau secara pribadi. Namun tampaknya AMD tidak berniat menuntut hukum, jadi bisa jadi Nvidia tidak terlibat dalam urusan mata-mata perusahaan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar